Senin, 28 Maret 2011

MEMBERSIHKAN MALWARE



Suatu hari flashdisk saya di pinjam teman untuk memindahkan suatu file. Satu hari kemudian flashdisk sudah dikembalikan, seperti biasa saya pun segera mengecek isi flashdisk tersebut sebagai tindakan preventif dari kemungkinan terbawanya penyusup dari komputer lain melalui flashdisk. Begitu dilihat benar saja ada barang mencurigakan didalam flashdisk, kemudian saya konfirmasi kepada teman yang meminjam flashdisk tersebut mengenai keberadaan file tersebut dan teman menyebutkan bahwa flashdisk tersebut kosong karena sudah diformat. Semakin yakin saja bahwa file tersebut memang tidak bertuan maka saya pun segera menghapus, setelah bersih saya coba copot flahsdisk dari USB kemudian di pasang lagi untuk memastikan bahwa file tersebut telah hilang dari flashdisk dan tidak menular pada laptopku. Alangkah kagetnya ternyata file tersebut muncul lagi, kemudian saya hapus lagi, lepas flashdisk dan memasukannya lagi ke USB dan tetap saja file tersebut masih ada didalam flashdisk. Kecurigaan berubah menjadi keyakinan bahwa laptopku sudah terinfeksi. Kemudian aku coba meng-compare file pada folder C:\WINDOWS dan folder C:\WINDOWS\system32 saat sebelum dan sesudah flashdisk tersebut dimasukan dan ternyata benar saja ada beberapa file yang baru saja dibuat pada jam itu tanpa sepengetahuanku.

0 komentar:

Posting Komentar